Tanya Kenapa #5: Kenapa Mata Terpejam Saat Bersin?

3 April 2016 © Protected by COPYSCAPE
Artikel sebelumnya: Tanya Kenapa #4: Kenapa Perut Keroncongan Saat Lapar?

Kenapa mata terpejam saat bersin? Sebagian dari Anda mungkin ada yang pernah mencoba untuk tetap membuka mata saat sedang bersin, tapi ternyata usaha tersebut hanya sia-sia. Kenapa bisa begitu? Mari cari tahu jawabannya di dalam artikel dari kategori Tanya Kenapa yang ke-5 ini, Kenapa Mata Terpejam Saat Bersin?

Kenapa Mata Terpejam Saat Bersin

Kenapa Mata Terpejam Saat Bersin. Foto: srbijadanas.com

Kenapa Mata Terpejam Saat Bersin?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas. Perlu kita tahu bersama-sama bahwa bersin (wahin – bahasa Banjar) adalah respon alami tubuh ketika ada benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan.

Jadi, jangan heran ketika ada bekas pacar yang dekat dengan kita lalu tubuh kita bereaksi dengan bersin. Hal tersebut wajar saja, karena tubuh kita menganggap partikel-partikel yang ada di bekas pacar tersebut dianggap sebagai partikel asing 😀

Lalu kita kaitkan dengan kenapa mata terpejam saat bersin? Menurut beberapa sumber yang saya kumpulkan, alasan kenapa mata terpejam saat bersin adalah karena hal tersebut merupakan refleks tubuh (refleks tendon). Sama seperti saat kita memukul lutut dengan palu kecil dan kaki otomatis terangkat. Refleks tersebut merupakan refleks yang tidak bisa dikontrol. Jadi, sangat sulit untuk dilawan oleh manusia.

Contoh lain: Refleks yang tidak bisa dikontrol adalah saat bekas pacar lewat bersama pasangan barunya di hadapan kita, maka secara otomatis kita akan mengalihkan wajah ke arah lain.

Pada sumber lain, ada yang menambahkan. Selain karena refleks tendon, mata terpejam saat bersin juga berkaitan dengan struktur anatomi tubuh manusia. Di mana ada sebuah lubang kecil bernama ductus nasolacrimalis yang menghubungkan antara mata dengan hidung. Nah, agar benda asing tidak masuk ke lubang tersebut, maka terjadi kontraksi disepanjang ductus nasolacrimalis. Efeknya, mata kita pun terpejam ketika bersin.

FYI, mengenai kabar yang beredar bahwa memaksa mata terbuka pada saat bersin dapat menyebabkan bola mata lepas sebenarnya belum ada pembuktiannya. Dari sumber yang saya dapat, tekanan yang ada saat bersin tidak cukup kuat untuk melepaskan bola mata dari tempatnya. Hal itu dikarenakan mata memiliki otot yang sangat kuat untuk mencegah terlepasnya bola mata dari tempatnya. Efeknya ketika kita memaksa mata untuk terbuka pada saat bersin hanyalah akan membuat mata terasa tidak nyaman.

Artikel selanjutnya: Tanya Kenapa #6: Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu?

1 komentar pada artikel "Tanya Kenapa #5: Kenapa Mata Terpejam Saat Bersin?"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.