Tanya Kenapa #2: Kenapa Luar Angkasa Gelap?

1 Maret 2016
1.703 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat pagi :D.

Hai sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-2 dan pertanyaannya adalah Kenapa Luar Angkasa Gelap?

Teman-teman, jika dipikir secara sepintas, sebenarnya ada keanehan yang terjadi di luar angkasa. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di luar angkasa banyak sekali bintang (matahari) yang bertebaran, bahkan ada yang lebih besar dan lebih terang dibanding matahari. Akan tetapi, jika kita melihat foto-foto luar angkasa, kenapa luar angkasa gelap? Kok bisa? Sepertinya ada yang salah.

Kenapa Luar Angkasa Gelap

Kenapa Luar Angkasa Gelap. Foto: pixabay.com – Ronobald

Kenapa Luar Angkasa Gelap?

Setelah menelusuri beberapa literatur, akhirnya saya memiliki jawaban dari pertanyaan kenapa luar angkasa gelap. Ternyata jawabannya sangat sederhana, tidak serumit pertanyaannya, tentu juga tidak serumit hubungan percintaan kalian. Jawabannya adalah karena luar angkasa itu hampa kaya hati kamu dan tidak ada benda yang mampu memantulkan cahaya, sehingga luar angkasa hanya terlihat gelap atau hitam. Sebagai analogi –semoga analogi ini benar-, ketika kalian menggunakan senter dan mengarahkan senter tersebut ke atas langit (ruang kosong), maka cahaya dari senter tersebut tidak akan terlalu berarti. Nah, seperti itu juga kondisi di luar angkasa. Tidak peduli seberapa banyak bintang di luar sana, kalau tidak ada benda yang dapat memantulkan cahaya, cahaya bintang tersebut tidak ada apa-apanya.

Persis, seperti saya tanpa kalian para sobat MUHRID, para pembaca tulisan saya. Tanpa kalian, saya layaknya butiran debu. Tanpa kalian yang membaca tulisan ini, semua usaha saya hanya sia-sia. Terimakasih 😀

Sekian, semoga bermanfaat :D


Satu tanggapan untuk “Tanya Kenapa #2: Kenapa Luar Angkasa Gelap?”

  1. […] Meskipun out of topic, semoga bermanfaat, silakan baca: Kenapa Luar Angkasa Gelap? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.