Tanya Kenapa #2: Kenapa Luar Angkasa Gelap?

1 Maret 2016 © Protected by COPYSCAPE

Apakah Anda menyadarinya? Jika dipikir secara sepintas, sebenarnya ada keanehan yang terjadi di luar angkasa. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di luar angkasa ada banyak sekali bintang yang bertebaran, bahkan ada yang lebih besar dan lebih terang dibandingkan matahari. Akan tetapi, jika kita melihat foto-foto luar angkasa yang ada di internet, kenapa luar angkasa gelap? Kok bisa? Ini aneh, sepertinya ada yang salah. Mari kita bahas keanehan luar angkasa ini di kategori Tanya Kenapa yang ke-2, kenapa luar angkasa gelap?

Kenapa Luar Angkasa Gelap

Kenapa Luar Angkasa Gelap. Foto: pixabay.com – Ronobald

Kenapa Luar Angkasa Gelap?

Setelah saya menelusuri beberapa literatur, akhirnya saya menemukan jawaban dari pertanyaan kenapa luar angkasa gelap. Jawabannya ternyata sangat sederhana, tidak serumit pertanyaannya dan tentu juga tidak serumit hubungan percintaan banyak orang di luar sana.

Jawabannya adalah karena luar angkasa itu hampa. Hampa seperti hati sebagian dari Anda yang membaca artikel ini. Iya, luar angkasa itu hampa dan tidak ada benda yang mampu memantulkan cahaya, sehingga akan selalu terlihat gelap atau bahkan hitam meskipun banyak bintang yang bertebaran di luar angkasa sana.

Untuk lebih memahaminya, mari kita analogikan dengan lampu yang ada di dalam ruangan kosong yang sangat luas. Seterang apapun sinar dari lampu, jika tidak ada benda apapun di dalam ruangan luas tersebut maka sinar lampu tidak akan begitu berarti. Hal tersebut terjadi karena tidak ada benda yang dapat memantulkan sinar yang ada, sehingga ruangan akan tetap terlihat gelap.

Analogi lain yang mudah dibayangkan mungkin adalah senter. Jika Anda memiliki senter, maka cobalah nyalakan senter tersebut kemudian arahkan ke atas langit pada malam hari. Seterang apapun sinar dari senter tersebut, tentu sinarnya tidak akan terlalu berarti. Nah, seperti itu juga kondisi di luar angkasa. Tidak peduli seberapa banyak bintang di luar angkasa sana, jika tidak ada benda yang dapat memantulkan cahaya, maka cahaya bintang tersebut tidak ada apa-apanya. Bintang yang terang hanyalah sekedar butiran debu tanpa ada benda yang dapat memantulkan cahaya.

Begitu juga antara saya dan Anda. Saya hanyalah butiran debu tanpa Anda yang dengan suka rela membaca semua tulisan saya di blog ini 😀

1 komentar pada artikel "Tanya Kenapa #2: Kenapa Luar Angkasa Gelap?"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.