Tanya Kenapa #16: Kenapa Knalpot Motor Diletakkan di Sebelah Kanan?

17 September 2016

Halo sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-16 dan pertanyaannya adalah Kenapa Knalpot Motor Diletakkan di Sebelah Kanan?

Kenapa Knalpot Motor Diletakkan di Sebelah Kanan?

Kenapa Knalpot Motor Diletakkan di Sebelah Kanan

Kenapa Knalpot Motor Diletakkan di Sebelah Kanan

Sungguh pertanyaan yang tidak penting, tapi percayalah, sama seperti Tanya Kenapa yang sebelumnya, saya mencoba memberikan gambaran bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan.

Nah, setelah terpikir pertanyaan ini pada saat di perjalanan pulang kampung, saya langsung mencari referensi untuk mendapatkan jawabannya. Hasilnya? Ada beberapa yang bisa saya simpulkan terkait alasan dari peletakan knalpot motor di sebelah kanan.

Menurut referensi yang saya gunakan, peletakan knalpot motor di sebelah kanan tidak ada hubungannya dengan kebutuhan mesin atau mekanisme motor. Peletakan tersebut lebih didasarkan pada kebiasaan manusia yang turun dari motor di sebelah kiri.

Lalu apa hubungannya turun dari sebelah kiri dengan peletakan knalpot di sebelah kanan?

Logikanya seperti ini, dengan peletakan knalpot di sebelah kanan, maka akan memperkecil kemungkinan kaki si pengendara atau penumpang ‘bersentuhan’ dengan panasnya knalpot (bahasa Banjar – luyuh).

Selain alasan tersebut, saya juga menemukan alasan lain yang mungkin juga bisa diterima, yaitu alasan kenyamanan pejalan kaki. Mari kita bayangkan suatu jalan raya dengan trotoar pejalan kaki di sebelah kirinya. Jika ada sebuah motor yang melaju di jalan tersebut dan knalpot motor tersebut ada di sebelah kiri, maka kemungkinan besar para pejalan kaki yang berjalan di trotoar akan langsung terkena semprotan asap motor yang keluar dari knalpot motor tersebut. Nah, berbeda halnya jika knalpot motor tersebut ada di sebelah kanan, kemungkinan pejalan kaki untuk terkena semprotan asap motor akan semakin kecil –setidaknya asap motor akan mengarah ke sebelah kanan-.

Nah, itulah alasan Kenapa Knalpot Motor Diletakkan di Sebelah Kanan menurut saya. Silakan tuliskan alasan lain menurut kalian di kolom komentar –akan saya tambahkan ke dalam pos jika alasannya masuk akal-.

3 komentar pada artikel "Tanya Kenapa #16: Kenapa Knalpot Motor Diletakkan di Sebelah Kanan?"

  1. Sugeng berkata:

    Ada yg knalpot 2

  2. Sugeng berkata:

    Ada yg knalpot 2 kiri kanan

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Iya benar pak, tapi saya membahas yang umumnya ada di masyarakat. Menurut saya itu pengecualian, dengan alasan lain mungkin untuk alasan modifikasi. Selain itu juga ada yang knalpot di bagian tengah seperti beberapa motor balap yang mungkin dengan alasan agar lebih leluasa saat belok kiri atau kanan sambil memiringkan motornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.