Tanya Kenapa #19: Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata?

12 Januari 2017
2.243 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat malam :D.

Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata? – Halo sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-19 dan pertanyaannya adalah Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata?

Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata

Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata. Sumber: scienceabc.com

Oke, menyipitkan mata untuk melihat lebih jelas mungkin sudah sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.  Namun, pernahkah kalian terpikir mengapa hal ini bisa terjadi? Kenapa dengan menyipitkan mata penglihatan kita menjadi jelas? Bukankah terasa sedikit aneh?

Jawaban singkat dari pertanyaan ini adalah karena dengan menyipitkan mata maka akan membatasi cahaya dari arah lain masuk ke dalam mata. Hal ini akan menyebabkan sinar cahaya yang masuk akan lebih fokus dan akurat jatuh tepat pada retina. Sehingga, penglihatan kita akan menjadi lebih jelas.

Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata?

Ada 2 hal yang terjadi saat kita menyipitkan mata, yaitu:

1. Mengubah (Memperkecil) bentuk mata

Menyipitkan mata akan memperkecil tempat cahaya masuk ke dalam mata sehingga membantu menghasilkan citra yang lebih tajam pada retina.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat usia sudah mulai menua, lensa secara bertahap akan menjadi lebih keras (kurang fleksibel) dan kehilangan kemampuan untuk fokus. Hal inilah yang menyebabkan kenapa kebanyakan lansia menggunakan kacamata. Tujuannya adalah membantu agar sinar cahaya yang masuk lebih fokus jatuh pada retina.

Pada retina, ada bagian kecil yang disebut fovea. Fovea inilah yang memberikan kita kemampuan kita untuk bisa melihat sesuatu dengan jelas.

Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata?

Diagram Mata

Dengan menyipitkan mata, kita akan sedikit mengubah (memperkecil) bentuk mata sehingga cahaya akan fokus pada fovea.

2. Mengurangi cahaya yang masuk dari arah lain

Coba perhatikan, saat kalian melihat layar smartphone atau laptop ini maka sebenarnya kalian juga dapat melihat beberapa hal lain yang ada di sekitar smartphone atau laptop. Hal ini berarti bahwa cahaya dari sumber yang berbeda (selain cahaya yang dipantulkan dari layar smartphone atau laptop) juga masuk dan dirasakan oleh mata.

Namun, ketika kalian mencoba untuk fokus pada sesuatu, misalnya membaca artikel ini, maka cahaya yang masuk dari sumber lain akan berkurang.

Pada saat melihat, jika ada banyak cahaya yang masuk dari berbagai arah, maka lensa harus bekerja ekstra keras untuk memfokuskan cahaya pada retina agar dapat membentuk gambar yang jelas.

Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata?

Mata Normal vs Menyipitkan Mata

Pada saat menyipitkan mata, kelopak mata akan memblokir sebagian besar sinar cahaya sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata akan lebih sedikit. Hal ini membuat lensa menerima lebih sedikit cahaya sehingga seluruh proses memfokuskan cahaya menjadi lebih tepat dan akhirnya kita dapat melihat benda dengan lebih jelas.

Jadi, sebagai penutup, dengan mengetahui alasan Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata di atas, maka silakan menggunakan tips tersebut pada saat uji penglihatan 😀

Sekian, semoga bermanfaat :D

2 komentar pada artikel "Tanya Kenapa #19: Kenapa Kita Dapat Melihat Lebih Jelas Setelah Menyipitkan Mata?"

  1. bryan berkata:

    pantesan setiap saya menyipitkan mata ko ga jeals ngeliatnya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Nah? Coba baca dulu inti artikelnya mas, hehe 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+