Tanya Kenapa #6: Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu?

10 April 2016 © Protected by COPYSCAPE

Hai sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-6 dan pertanyaannya adalah Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu?

Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu

Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu. Foto: pixabay.com – webandi

Oke. Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita belajar sejarah terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber yang berhasil saya kumpulkan, tradisi libur pada hari Minggu berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Dulu, dulu banget (pas mantan masih sebagai kekasih), orang-orang Romawi Kuno beribadah pada hari Minggu. Nah, dikarenakan mereka ingin fokus dalam beribadah. Jadi orang-orang Romawi sepakat menetapkan hari Minggu sebagai hari libur dan menandai hari libur ataupun hari penting lain dengan warna merah.

Lalu apa hubungannya dengan Indonesia?

Sebentar sob, sabar sabar. Pada saat itu, bangsa Romawi menguasai banyak negara di Eropa, dari negara api, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, dan beberapa negara lain. Nah, karena menguasai banyak negara di Eropa, secara tidak langsung tradisi hari libur orang Romawi Kuno akhirnya diterapkan di negara jajahannya, salah satunya Belanda.

Tau Belanda, kan?

Belanda Facebook. Itu beranda woy!!

Nah, seperti yang kita ketahui bersama, Belanda merupakan salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia kita tercinta ini. Disebabkan oleh Belanda yang juga menganut hari Minggu sebagai hari libur, akhirnya Indonesia juga mewarisi budaya dari Belanda dengan menetapkan hari Minggu sebagai hari libur. Layaknya Belanda yang juga dipengaruhi oleh orang Romawi Kuno.

Kenapa Hari Libur di Indonesia Ditetapkan pada Hari Minggu?

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab dari kenapa hari libur di Indonesia ditetapkan pada hari Minggu adalah karena Indonesia mewarisi tradisi yang digunakan oleh Belanda ketika menjajah di Indonesia.

FYI, hari libur negara-negara di dunia tidak semuanya sama pada hari Minggu. Contohnya adalah Arab Saudi yang menetapkan hari libur pada hari Jumat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.