Tanya Kenapa #12: Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes?

21 Agustus 2016
2.054 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat siang :D.

Halo sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-12 dan pertanyaannya adalah Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes?

Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes

Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes. Foto: pixabay.com – nrjfalcon1

Pernahkah kalian merasakan ban kendaraan tiba-tiba kempes? Padahal setelah dicek tidak ada tanda-tanda ban bocor. Nah, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Apakah ada hubungannya dengan kejombloan kalian? Hehe. Tenang sobat, ban bocor tiba-tiba tidak ada hubungannya dengan status jomblo atau tidak.

Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes?

Salah satu penyebab yang mungkin bisa membuat ban kendaraan tiba-tiba kempes adalah karena terjadinya penurunan suhu. Kenapa itu bisa terjadi? Mari kita belajar Fisika tentang teori kinetika gas. Dalam Hukum Gay-Lussac dinyatakan bahwa “Dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, tekanan gas akan sebanding dengan suhu gas”. Nah, berdasarkan hukum tersebut, kita dapat membayangkan, pada suhu yang tinggi akan menyebabkan tekanan juga akan semakin tinggi. Contohnya adalah seperti kita membiarkan balon gas pada suhu yang tinggi (di bawah sinar matahari), lama kelamaan balon tersebut akan pecah yang disebabkan terjadinya peningkatan tekanan di dalam balon. Sebaliknya, ketika suhu rendah, secara otomatis tekanan juga akan menurun. Itulah yang terjadi pada ban kendaraan, ketika suhu dingin –terjadi penurunan suhu-, maka tekanan pada ban juga akan menurun, sehingga ban akan kempes.

Baca juga: Tanya Kenapa #11: Kenapa MotoGP Menggunakan Ban Gundul?

Selain itu, ban juga bisa kempes disebabkan karena terjadinya pengkerutan. Menurut salah satu referensi yang saya gunakan, karet pada ban dapat mengalami pengkerutan jika berada pada suhu dingin. Akibatnya adalah akan terbentuknya ruang kosong di antara ban dan velg, sehingga udara di dalam ban dapat keluar.

Baca juga: Tanya Kenapa #12: Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes?

Nah, itulah alasan kenapa ban kendaraan bisa tiba-tiba kempes. Jadi, jangan panik ketika kalian mengecek kendaraan pada pagi hari dan ternyata ban kalian kempes. Belum tentu penyebabnya adalah ada kebocoran ban, bisa jadi karena pada malam saat kendaraan tersebut diparkir, suhu sangat dingin sehingga tekanan gas di dalam ban berkurang.

Sekian, semoga bermanfaat :D


3 tanggapan untuk “Tanya Kenapa #12: Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes?”

  1. […] yang akan menumpuk (tertarik) di daerah tersebut. Nah, seperti yang pernah saya bahas dalam artikel Tanya Kenapa #12: Kenapa Ban Bisa Tiba-Tiba Kempes?, udara merupakan fluida (zat alir) yang terdiri dari moleku-molekul gas yang selalu bergerak dengan […]

  2. Laili berkata:

    Numpang tanya.
    Kenapa ban motor saya tiba tiba kempes ? Lalu saya bawa ke tukang ban ternyata tidak ada yg bocor, tapi pada hari berikutnya ban motor kempes lagi.
    Apa penyebabnya ?

    • Muhammad Riduan berkata:

      Hai Laili 🙂

      Sebenarnya saya bukan anak otomotif ataupun perbengkelan yang mengerti tentang seluk beluk motor dan segala bagian-bagiannya ya.

      Mengenai pertanyaan tersebut, jika dilogikakan, tentunya ada angin yang keluar dari dalam ban sehingga dapat menyebabkan ban menjadi kempes. Faktor yang mempengaruhi mungkin bisa saja ada bocor namun sangat kecil sehingga tidak bisa dideteksi, kemungkinan ban luar yang terlalu tipis, kondisi pentil ban yang kurang baik, dan kondisi ban dalam yang kurang baik (sudah ada beberapa tambalan). Selain itu, suhu yang di bahas pada artikel ini juga mungkin bisa dipertimbangkan sebagai penyebab ban motor tiba-tiba kempes.

      Atau mungkin, bisa jadi terjadi kebocoran pada masa setelah pengecekan kebocoran, sehingga pada pengecekan sebelumnya belum ditemukan ada kebocoran 🙂

      Terimakasih sudah berkunjung 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.