Tanya Kenapa #8: Kenapa Bagian Bawah Botol Tidak Datar (Berbentuk Cekung)?

22 April 2016 © Protected by COPYSCAPE

Halo sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-8 dan pertanyaannya adalah Kenapa Bagian Bawah Botol Tidak Datar (Berbentuk Cekung)?

Kenapa Bagian Bawah Botol Tidak Datar

Tanya Kenapa #8: Kenapa Bagian Bawah Botol Tidak Datar (Berbentuk Cekung)? Foto: pixabay.com – danfador

Kenapa Bagian Bawah Botol Tidak Datar?

Oke, Tidak usah banyak basa-basi, nanti basi kaya hubungan kamu dan doi 😛. Berdasarkan berbagai sumber yang saya kumpulkan, begitu banyak alasan kenapa bagian bawah botol tidak datar (berbentuk cekung). Namun, dari sekian banyak alasan, hanya 3 alasan yang bisa saya jelaskan di sini karena hanya 3 alasan tersebutlah yang bisa saya pertanggungjawabkan dibanding alasan lain.

Pertama, alasan kenapa bagian bawah botol tidak datar (berbentuk cekung) adalah karena hal tersebut merupakan strategi marketing atau lebih dikenal dengan optical illusion. Strategi tersebut akan membuat kita melihat isi botol seakan-akan lebih banyak dari isi botol yang sebenarnya.

Kedua, alasan kenapa bagian bawah botol tidak datar (berbentuk cekung) adalah untuk mempermudah saat penuangan isi botol (pada minuman bersoda). Menurut sumber, cekungan yang ada di bagian bawah botol berfungsi sebagai tempat melingkarnya gas pada cairan yang ada pada minuman bersoda. Nah, minuman bersoda ini akan memanfaatkan tekanan dari gas tersebut untuk dapat keluar pada saat penuangan. Jika bagian bawah botolnya datar, maka tekanan gas akan berkumpul di tengah dan wadah kemungkinan akan meledak.

Ketiga, alasan kenapa bagian bawah botol tidak datar (berbentuk cekung) adalah untuk mempermudah (menstabilkan) penataan botol saat posisi berdiri. Kalau yang ini mungkin tidak perlu dijelaskan lebih detail, karena saya yakin sobat MUHRID juga sudah bisa membandingkan lebih stabil mana antara botol yang alasnya datar dengan botol yang alasnya cekung pada posisi berdiri.

Nah, bagaimana? Itulah alasan kenapa bagian bawah botol tidak datar (berbentuk datar) menurut saya, hasil dari penelusuran literatur. Silakan berikan kritik atau saran kalian terkait artikel ini 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.