Tanya Kenapa #13: Kenapa Angka 13 Dianggap Sial?

24 Agustus 2016 © Protected by COPYSCAPE

Halo sobat MUHRID. Selamat datang kembali di posting kategori Tanya Kenapa, sebuah kategori yang mencoba untuk menjelaskan kenapa sesuatu bisa terjadi dan menegaskan bahwa sesuatu terjadi karena suatu alasan dan bukan terjadi secara kebetulan. Kali ini kita sudah memasuki Tanya Kenapa yang ke-13 dan pertanyaannya adalah Kenapa Angka 13 Dianggap Sial?

Kenapa Angka 13 Dianggap Sial

Kenapa Angka 13 Dianggap Sial. Foto: pixabay.com – Antranias

Seperti yang kita ketahui bersama, hingga saat ini masih ada beberapa orang yang menganggap angka 13 sebagai angka sial. Contohnya adalah saya pernah menemukan lift yang tidak ada angka 13 nya, yang ada hanya 12, 12a, lalu 14.  Saya yakin, tanpa mengetahui penyebabnya kalian juga pernah berpikiran bahwa angka 13 adalah angka sial.

Bahkan, saking dianggap sialnya, saya tidak pernah menemukan lantai 13 pada penginapan yang memiliki bangunan 2 lantai 😀

Kenapa Angka 13 Dianggap Sial?

Menurut sumber yang saya gunakan, anggapan atau kepercayaan tahayul terkait angka 13 berawal dari pengetahuan kuno Kabbalah. Kabalah adalah ajaran mistis kuno yang dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Fir’aun. Selanjutnya diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, dan sebagainya –bahkan dijadikan sebagai gerakan politis oleh kaum Zionis Yahudi-. Kemudian, hingga saat ini ajaran Kabbalah menjadi tren baru di kalangan selebritis dunia.

Berbeda dengan tren kita saat ini, sebenarnya kaum Kabbalis sangat mengagungkan angka 13. Mereka menghiasi simbol Baphomet atau Kepala Kambing Mendez (Mendez Goat) dengan simbol 13 dan menggunakan angka 13 dalam berbagai ritual setan. Oleh karena digunakan sebagai ritual setan inilah, akhirnya angka 13 dianggap sebagai angka sial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.