Kenali Jenis dan Bahaya Plastik, serta Bagaimana Penggunaan Plastik yang Aman

15 Maret 2016

Halo sobat MUHRID. Kali ini saya akan membahas tentang plastik. Posting ini sebenarnya merupakan postingĀ request dari kakak tingkat farmasi saya. Lebih tepatnya bekas kakak tingkat karena sekarang beliau sudah lulus dan sedang melanjutkan program profesi apoteker di Universitas Padjajaran šŸ˜€

plastik

Indonesia Bebas Sampah. Foto: jowonews.com

Oke, kembali ke plastik ya. Baru-baru ini masih hangatnya tentang aturan ‘kantong plastik berbayar’ di supermarket/minimarket, dan kemarin saya sudah merasakan aturan ini. Sebagai masyarakat awam, kita tentu sudah tahu apa tujuan dari pemerintah memberlakukan aturan ini. Ya, untuk mengurangi sampah plastik, karena plastik merupakan materi yang sangat sulit terurai oleh alam, sehingga dapat mencemari lingkungan. Tapi sob, yang perlu diperhatikan adalah bahwa penggunaan plastik tidak hanya sebatas sebagai kantong plastik untuk menampung barang belanjaan kita saja. Lebih jauhnya lagi plastik juga digunakan sebagai bahan pengemas makanan. Pertanyaannya, apakah aman menggunakan plastik sebagai bahan pengemas makanan? Menurut BPOM, jawabannya adalah TIDAK sepenuhnya AMAN, karena plastik mengandung bahan-bahan yang dapat bermigrasi ke dalam bahan yang dikemasnya pada kondisi tertentu.

Tidak sepenuhnya aman, berarti ada yang aman dan ada yang tidak?

Benar. Plastik dengan berbagai jenisnya, ada yang aman dan ada yang tidak aman jika digunakan sebagai bahan pengemas makanan.

Lalu, bagaimana tindakan kita untuk mengetahui bahwa makanan yang kita makan bebas dari kontaminasi plastik?

Sebentar, sebelum pertanyaannya semakin banyak. Ada baiknya kalian download artikel resmi dari BPOM di bawah ini. Pada artikel tersebut, telah dibahas tentang kandungan, jenis (kode), dan bahaya plastik, serta seperti apa penggunaan plastik yang aman. Jadi, silakan didownload dan jangan lupa dipelajari untuk menambah pengetahuan sobat MUHRID agar kesehatan kita tidak terganggu karena penggunaan plastik.

Download: http://ik.pom.go.id/v2015/artikel/Plastiksebagaikemasanpangan.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.