Kabar Buruk Indonesia Jelang Leg 2 Final Piala AFF

16 Desember 2016

Halo sobat MUHRID. Kemenangan Indonesia 2-1 atas Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016 memang menghadirkan suka cita bagi seluruh rakyat Indonesia. Terlebih lagi bagi saya yang sempat meneteskan air mata ketika jala gawang yang dijaga oleh kiper Thailand bergetar pada menit ke-70 berkat sundulan Hansamu Yama. Namun, ternyata ada ‘tumbal’ yang harus dibayar pada kemenangan tersebut, yaitu cederanya salah satu partiot timnas Indonesia, Andik Vermansyah, setelah beberapa menit sebelumnya sempat berduel dengan salah satu pemain Thailand.

Kabar Buruk Indonesia Jelang Leg 2 Final Piala AFF

Alfred Riedl

Alfred Riedl. Foto: bola.net

Andik yang pada pertandingan tersebut ditarik pada menit ke-20 dan digantikan oleh Zulham Zamrun langsung melakukan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) di Rumah Sakit Pelni Petamburan setelah pertandingan selesai. Berdasarkan hasil MRI, Andik dinyatakan mengalami cedera robek ACL (Anterior Cruciate Ligament) – sama seperti yang dialami Cristiano Ronaldo pada laga final Piala Eropa Juli lalu.

Sedikit informasi terkait cedera ACL. Dikutip dari detik.com, menurut dr Michael Triangto, SpKO dari klinik Slim and Health, RS Mitra Kemayoran, ACL merupakan salah satu jaringan yang ada di bagian lutut. Jaringan ini berfungsi melindungi lutut dan membantu pergerakan lutut ke depan dan belakang. Disebutkan bahwa cedera ACL memang sangat menyakitkan, sehingga wajar jika Andik terlihat merintih saat ditandu keluar lapangan.

Andik Vermansah Cedera

Andik Vermansah Cedera. Foto: jpnn.com

Beberapa sumber menyebutkan bahwa sebagian besar cedera ACL ligamen memerlukan tindakan operasi Arthroscopy agar pasien dapat pulih seperti sedia kala. Namun, menurut dokter Timnas, Syarif Alwi, untungnya Andik tidak mengalami robek ligamen melainkan hanya sobekan kecil sehingga belum perlu dilakukan operasi. Meskipun tidak terlalu parah, dengan laporan cedera tersebut setidaknya Andik harus istirahat selama tiga hingga enam minggu, sehingga hadirlah kabar buruk bagi Indonesia.

Andik dipastikan absen pada final leg kedua di Thailand

Meskipun tetap diikutkan dalam keberangkatan ke Thailand, Andik dipastikan absen pada laga final leg kedua piala AFF 2016 melawan Thailand yang akan digelar di StadionĀ Rajamangala pada Sabtu (17/12) pukul 19.00 WIB nanti. Dengan absennya Andik ini, otomatis peta kekuatan timnas Indonesia menjadi berkurang. Namun, tentu kita semua berharap semoga permainan Indonesia di final nanti tetap dalam performa terbaik untuk mengalahkan timnas Thailand dan membawa Indonesia menjadi juara AFF untuk pertama kalinya.

Satu lagi, semoga Andik cepat sembuh dan dapat segera kembali ke performa terbaiknya dalam ‘mengolah’ si kulit bundar šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.