Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Template Website

24 Maret 2017
2.124 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat pagi :D.

Halo sobat MUHRID. Bagi kebanyakan blogger, terlebih lagi blogger pemula, kegiatan gonta-ganti template mungkin bukan hal yang asing lagi. Jujur saja, hal ini dulunya juga sering sekali saya lakukan, hingga akhirnya hati saya menetap pada template yang saya gunakan saat ini. Kegiatan gonta-ganti template memang dilakukan dengan berbagai macam alasan, seperti bosan dengan tampilan lama, fitur template yang terbatas, ingin mempercepat loading blog, dan lain-lain. Namun tahukah kamu bahwa ternyata gonta-ganti template dapat berpengaruh buruk terhadap blog, seperti trafik blog menurun, blog tidak memiliki karakter, blog menjadi berantakan, dan bahkan berpengaruh terhadap SEO blog. Oleh karena itu, agar efek buruk tersebut tidak terjadi, mari simak hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengganti template website berikut ini:

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Template Website

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Template Website

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Template Website

Pastikan Template Baru Lebih Baik dibanding Template Lama

Untuk memastikan perubahan template memberikan dampak yang lebih baik, maka kamu harus memastikan bahwa template yang akan digunakan lebih baik menggunakan parameter berikut:

  1. Kecepatan Blog
  2. Mobile Friendly
  3. Struktur Data Template

Untuk menguji template yang belum dipasang tersebut, kamu bisa menggunakan website demo dari template yang ingin digunakan.

Mari bahas masing-masing parameter yang harus diperhatikan:

1. Kecepatan Blog

Pengunjung tentunya menyukai website yang bersifat fast loading, artinya tidak perlu waktu yang banyak saat membuka website tersebut. Kamu bisa mengecek kecepatan blog melalui website seperti:

Google PageSpeed Insights

GTmetrix

Pingdom Website Speed Test

Pingdom Website Speed Test

Hasil tes kecepatan homepage MUHRID.com menggunakan Pingdom Website Speed Test

Semakin cepat blog kamu diakses, maka pengunjung akan semakin suka, begitu juga dengan mbah Google. Untuk hasil yang bagus, cobalah untuk meminimalkan gambar, javascript, dan widget yang tidak perlu pada blog. Inti dari website adalah konten, jadi apapun yang tidak berhubungan dengan konten sebaiknya dihilangkan saja.

2. Mobile Friendly

Mobile friendly artinya blog “bersahabat” dan bisa ditampilkan jika diakses menggunakan perangkat mobile. Hal ini menjadi penting karena di zaman modern ini banyak orang “berselancar ria” di dunia maya menggunakan smartphone yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Selain itu, Google juga dikabarkan sangat sensitif untuk memprioritaskan blog yang memiliki template “mobile friendly” dibandingkan blog yang tidak ramah mobile.

Untuk melakukan pengecekan apakah template yang ingin digunakan bersifat mobile friendly atau tidak, kamu bisa menggunakan tools dari Pengujian Mobile Friendly Google.

Pengujian Situs Mobile Friendly

Hasil Pengujian Situs Mobile Friendly pada MUHRID.com

Hasil dari pengujian situs mobile friendly ini hanya ada 2 kemungkinan, yaitu laman bersifat mobile friendly atau tidak.

3. Struktur Data Template

Struktur data template berfungsi agar mesin pencari seperti google, yahoo, atau bing lebih mudah dalam memahami maksud konten yang ada di sebuah halaman blog, sehingga mesin pencari dapat memberikan hasil pencarian yang lebih informatif terhadap pengguna. Untuk menguji struktur data template kamu bisa menggunakan Alat Uji Coba Data Terstruktur Google.

Alat Uji Coba Data Terstruktur Google

Hasil uji coba data terstruktur dari salah satu posting MUHRID.com

Dengan hasil yang menunjukkan “tidak ada kesalahan”, maka akan mempermudah mesin pencari untuk mengidentifikasi informasi seperti breadcrumb, penulis, dan lainnya yang ada pada posting.

Backup Template Lama sebelum Mengganti dengan yang Baru

Nah, setelah template baru lolos terhadap 3 parameter yang telah disebuatkan di atas. Ada baiknya kamu juga melakukan backup template lama sebelum mengganti dengan template yang baru untuk jaga-jaga. Ya, tidak ada yang tahu bagaimana nanti ke depannya, yang pasti “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kode-kode apa saja yang akan dimasukkan ke dalam template baru nantinya, misalnya kode pelacakan Google Analytic jika sebelumnya kamu menggunakannya pada template yang lama.

Nah, sekian dari mengenai Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Template Website. Bagaimanapun, terlalu sering mengganti template juga tidak baik bagi blog. Tapi, untuk perubahan yang lebih baik, kenapa tidak?

Sekian, semoga bermanfaat :D


7 tanggapan untuk “Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Template Website”

  1. Putra Muhammad berkata:

    Wih, cepat gan websitenya, agan pake theme apa kalau boleh tau ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.