Cara Praktis Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Pencarian Google

13 Agustus 2016

Halo sobat MUHRID. Berbicara tentang cara agar artikel masuk halaman pertama di pencarian google memang tidak ada habisnya. Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan, ada cara bersih dan ada cara kotor, ada cara ribet (manual) dan ada cara praktis (menggunakan jasa iklan adwords profesional). Tinggal kita saja yang memutuskan ingin menggunakan cara yang manaNamun yang perlu diketahui, semua cara memiliki kelebihan dan kekurangan.

Cara Praktis Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Pencarian Google

Cara Praktis Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Pencarian Google. Foto: pixabay.com – WDnet

Menurut beberapa referensi internet yang saya dapatkan, saya mencoba menyimpulkan ada 4 cara yang bisa digunakan agar artikel dapat masuk halaman pertama di pencarian google.

4 Cara agar Artikel Masuk Halaman Pertama Pencarian Google

1. Perhatikan keyword atau kata kunci yang akan kalian gunakan untuk artikel

Untuk memperbesar peluang artikel kalian masuk di halaman pertama google, setidaknya ada 3 hal yang bisa saya sarankan:

  1. Usahakan keyword yang akan digunakan memiliki riwayat pencarian yang tinggi. Jelas saja, untuk apa kita membuat artikel dengan keyword yang tidak dicari orang lain?
  2. Usahakan keyword yang akan digunakan memiliki saingan yang tidak terlalu banyak. Dengan cara ini otomatis peluang kita akan semakin besar.
  3. Usahakan menggunakan keyword yang panjang. Menurut beberapa sumber, keyword yang pendek sudah dikuasai oleh website yang memiliki reputasi bagus. Website yang memiliki reputasi yaitu website yang berumur, terkenal, dan memiliki backlink yang banyak.

Tambahan terkait keyword:
Jika artikel kalian ditujukan untuk penjualan, sebaiknya jangan menggunakan keyword “jual produk A murah” atau sejenisnya. Meskipun keyword tersebut langsung tertuju kepada calon pembeli, kemungkinan besar artikel kalian akan kalah dengan toko-toko besar yang memiliki modal besar untuk ‘menitip’ artikel mereka di halaman pertama google.

2. Pelajari faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat google

Ada begitu banyak faktor, saya pernah menemukan artikel yang menyebutkan bahwa ada 200 faktor yang dapat mempengaruhi peringkat google. Faktor-faktor tersebut meliputi umur domain, backlink, nilai SEO, keyword, kepuasan pengunjung (human friendly), dan lain-lain. Dua faktor yang paling banyak dibahas adalah backlink (link dari luar yang menuju ke website Anda) dan kepuasan pengunjung.

Backlink ada yang berkualitas dan ada yang tidak. Salah-salah dalam menjalankan strategi backlink malah bisa membuat peringkat website kalian menjadi turun.

Kepuasan pengunjung berpengaruh terhadap peringkat google. Menurut beberapa referensi, saya mendapatkan informasi bahwa ternyata google juga mempelajari respon dari si pembaca terhadap suatu artikel. Misalkan artikel A dan artikel B memiliki keyword yang sama. Akan tetapi jika artikel A lebih disukai pengunjung (bisa disebabkan kecepatan akses, struktur jelas, dan bermanfaat), tentu google juga akan lebih menyukai artikel A dibanding artikel B.

3. Buatlah artikel yang lebih berkualitas dibanding artikel lain yang telah memiliki peringkat di halaman pertama google

Hidup adalah belajar, belajar bisa dari mana saja, salah satunya dari pesaing. Pelajari artikel dari pesaing kalian, kemudian buatlah artikel yang setidaknya memiliki kualitas yang sama, dan tambahkan sedikit bumbu agar artikel kalian memiliki kelebihan dibanding artikel pesaing.

4. Promosikan artikel kalian

Tugas kalian sebagai blogger tidak hanya sampai menekan tombol publish setelah menulis artikel, terlebih lagi jika kalian adalah blogger pemula. Pemikiran saya seperti ini, ketika kita memiliki toko baru dengan kualitas yang bagus di sebuah desa terpencil, bagaimana agar orang tahu toko baru kalian jika tidak dengan promosi? Jadi, selalu promosikan artikel atau website kalian, baik melalui media sosial atau jasa iklan agar semakin banyak orang tahu dan datang ke website kalian. Dengan cara seperti ini, akhirnya google bisa menilai sebagus apa artikel kalian.

Nah, itulah 4 cara yang bisa digunakan agar artikel dapat masuk halaman pertama di pencarian google menurut pemahaman saya –silakan tuliskan komentar jika ada kesalahan– dari beberapa referensi. Jujur saja, menurut saya, 4 cara di atas terkesan susah-susah-gampang. Kadang mengerti teori, tapi terlalu sulit ketika dipraktikkan. Oleh karena itu, saya juga akan membagikan bagaimana tips praktis agar artikel masuk halaman pertama pencarian google.

Jasa Iklan Adwords Profesional

 jasa iklan adwords profesional

Foto: partneriklan.com

Caranya adalah kalian bisa menggunakan jasa iklan adwords profesional dari Partner Iklan yang beralamat di www.partneriklan.com. Saya menyarankan jasa iklan adwords profesional tersebut karena mereka memiliki tim Copywriter dan Graphic Design yang ahli dan berpengalaman dalam bidang SEO Website.

Namun, semuanya kembali kepada kalian. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kalian bebas ingin menggunakan cara apa, ada yang bersih, ada yang kotor, ada yang ribet, dan tentu ada yang praktis. Tentunya, dengan kelebihannya masing-masing.

3 komentar pada artikel "Cara Praktis Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Pencarian Google"

  1. Toko besar bayar ke gugle ya biar selalu ada di halaman pertama

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sepengatahuan saya, jawabannya bisa ya dan bisa tidak.

      Ya, caranya dengan meletakkan iklan mereka menggunakan jasa Adwords, tandanya adalah ada label ‘iklan’ pada tampilan artikel mereka di halaman google.
      Tidak, caranya mungkin bisa menggunakan jasa SEO agar posisi mereka benar-benar berada pada posisi teratas pencarian google.

      Semoga penjelasan saya bisa dimengerti 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.