Cara Mudah Mencuci Karpet secara Manual

15 Agustus 2016

Halo sobat MUHRID. Kegiatan mencuci karpet memang susah-susah-gampang. Susah karena jika ada kesalahan dalam mencuci dapat menyebabkan karpet menjadi bau apek, namun terdengar gampang karena cara mencuci karpet kurang lebih sama dengan mencuci pakaian biasa. Menurut beberapa referensi yang saya gunakan, ada 2 metode untuk mencuci karpet, yaitu metode mencuci karpet dengan tangan (manual) dan metode mencuci karpet dengan mesin cuci. Namun kali ini, saya akan membagikan cara mencuci karpet dengan tangan (manual).

Cara Mudah Mencuci Karpet secara Manual

Cara Mudah Mencuci Karpet secara Manual. Foto: pixabay.com – Hans

Persiapan sebelum mencuci karpet

Sebelum mulai mencuci karpet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses mencuci karpet dapat berlangsung dengan lancar.

  • Vacuum cleaner. Alternatif: sapu ijuk/lidi. Fungsinya untuk membersihkan debu-debu yang ada di karpet sebelum karpet dicuci.
  • Tongkat. Fungsinya kurang lebih sama dengan vacuum cleaner, tapi memiliki keunggulan dapat mengeluarkan debu-debu membandel yang terselip di dalam karpet –tergantung kekuatan si pemukul-.
  • Detergen. Fungsinya untuk membersihkan noda yang ada pada karpet dan juga bisa sebagai pewangi.
  • Tempat cuci yang lumayan luas. Fungsinya sudah jelas, sebagai tempat untuk kita mencuci karpet.
  • Jemuran. Fungsinya juga sudah jelas, untuk bermain petak umpet menjemur karpet yang sudah dicuci. Usahakan jemuran mendapat sinar matahari langsung.
  • Opsional: pewangi dan baking soda.

Langkah mencuci karpet

Setelah segala persiapan sebelum mencuci karpet sudah OKE. Sekarang, mari kita mencuci karpet dengan langkah sebagai berikut:

  1. Bentangkan karpet di atas lantai dan bersihkan debu pada karpet menggunakan vacuum cleaner atau sapu ijuk/lidi.
  2. Bentangkan karpet pada jemuran, kemudian pukul karpet menggunakan tongkat untuk membersihkan debu membandel yang terselip di dalam karpet.
  3. Basahi permukaan dan bagian belakang karpet menggunakan air mengalir sambil disikat secara lembut untuk mencegah terlepasnya rumbai (jika ada) karpet.
  4. Siram detergen pada karpet sambil disikat lagi dengan lembut.
  5. Bilas busa detergen menggunakan air yang mengalir dan lakukan beberapa kali hingga busa detergen menghilang.
  6. Opsional: Tambahkan pewangi.
  7. Proses mencuci karpet sudah selesai, kita tinggal menjemur karpet di bawah sinar matahari.
  8. Opsional: Setelah karpet kering, taburkan baking soda secara merata pada permukaan karpet dan tunggu sekitar 30 menit. Fungsinya adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap pada karpet. Setelah 30 menit, sedot baking soda menggunakan vacuum cleaner atau sapu menggunakan sapu ijuk/lidi.

Nah, itulah persiapan dan langkah-langkah dalam mencuci karpet secara manual. Mohon jangan tanyakan bagaimana cara mencuci karpet menggunakan mesin cuci karena saya tidak memiliki pengalaman tentang itu, hehe.

jasa cuci karpet

Jasa Cuci Karpet Jakarta. Foto: dehygienique.co.id

Seperti saya katakan sebelumnya, mencuci karpet memang susah-susah-gampang, karena kita perlu tempat yang luas, waktu yang lumayan lama, dan jaminan cuaca cerah agar proses mencuci karpet dapat berlangsung dengan lancar. Bagi kalian yang tidak memiliki tempat yang luas, waktu kosong, ataupun saat cuaca tidak bersahabat, saya memiliki rekomendasi untuk menggunakan Jasa Cuci Karpet Jakarta Dehygienique yang bisa diandalkan dalam urusan cuci karpet. Sepengetahuan saya, Dehygienique menggunakan teknik dry clean carpet, yang memiliki keunggulan benar-benar kering, tidak ada waktu pengeringan, sangat efektif, sangat mudah, ramah lingkungan, dan aman dari kimia.

Jadi, kalian tinggal pilih, ingin mencuci secara manual atau menggunakan jasa cuci karpet Dehygienique yang bisa langsung datang ke rumah/kantor kalian.

Tambahan: Sebaiknya, cuci karpet kalian minimal 1 kali setahun (tergantung lalu lintas di atas karpet) agar karpet awet dan dapat bertahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.