Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

8 November 2016 © Protected by COPYSCAPE

Beberapa bulan yang lalu, saya bergabung ke dalam beberapa grup tentang Blogging di Facebook, dan hingga saat ini pertanyaan yang paling sering saya lihat dari para anggotanya adalah bagaimana cara meningkatkan traffik blog, bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog, bagaimana cara agar blog kita ramai, dan pertanyaan sejenis lainnya. Nah, sebagai Nobita, saya sekedar ingin berbagi konsep dasar dunia per-blog-an dan mencoba untuk memberikan sedikit pencerahan kepada para anggota yang dalam hatinya selalu bertanya bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog.

Perkenalkan, saya Nobita (newbie tahunan) yang telah lama belajar blogging namun bisanya hanya itu-itu saja 😀

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog. Foto: pixabay – Unsplash

Hal utama yang terlintas saat saya melihat pertanyaan bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog adalah dengan menganalogikan blog sebagai sebuah toko atau kios offline. Terlepas dari tujuan Anda ingin membuat blog adalah sebagai hobi ataupun tujuan bisnis, anggaplah blog baru Anda sebagai toko baru yang ada di suatu tempat antah berantah. Secara logika, tidak ada yang tahu keberadaan blog baru tersebut apalagi datang untuk berkunjung. Lalu, bagaimana cara agar orang-orang mengetahui blog Anda dan mengunjunginya?

Pertanyaannya saya bagi menjadi 2, bagaimana cara agar orang tahu keberadaan blog Anda dan bagaimana agar orang tertarik untuk mengunjunginya?

Bagaimana cara agar orang tahu dengan blog Anda?

Salah dua caranya adalah (1) dengan cara promosi menggunakan iklan dan (2) menyewa/memiliki lapak di tempat ramai (Google), menggunakan analogi toko di atas, Google dianalogikan sebagai mall (tempat menjajakan jualan – menjajakan konten blog). Cara yang pertama, jika cara promosi di dunia offline (toko) Anda bisa memanfaatkan tiang listrik untuk meletakkan selebaran iklan promosi. Maka di dunia online Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi gratis. Cara yang kedua, agar bisa memiliki tempat di Google, maka yang pertama Anda (setidaknya) harus lakukan adalah mendaftarkan blog dengan cara submit artikel melalui Google Webmaster Tools. Hingga selanjutnya bersaing dengan blog-blog sejenis agar memiliki tempat yang strategis (page one Google – halaman pertama dalam pencarian Google) agar kemungkinan mendapat pengunjung menjadi lebih besar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca Cara Praktis Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Pencarian Google.

Setelah orang-orang tahu tentang keberadaan blog Anda, apakah setiap orang akan mengunjunginya? Belum tentu. Lalu muncul pertanyaan lagi, bagaimana cara agar orang mengunjungi blog Anda?

Bagaimana cara agar orang mengunjungi blog Anda?

Setelah orang tahu keberadaan blog Anda, tentunya tidak ada jaminan orang yang mengetahui tersebut akan mengunjunginya. Jika kita analogikan blog sebagai toko seperti di atas, tentu orang-orang hanya akan datang ke toko jika ada yang mereka cari. Begitu juga dengan blog, agar orang-orang mengunjungi blog Anda, maka blog tersebut harus menyediakan artikel yang mereka cari. Jika tidak, untuk apa mereka berkunjung ke blog Anda?

Nah, itulah konsep dasar dalam dunia per-blog-an menurut saya pribadi. Tentu masih banyak cara lain yang bisa dilakukan agar blog memiliki banyak pengunjung, namun tetap konsep dasarnya adalah seperti yang saya sebutkan di atas. Semoga bermanfaat 🙂

8 komentar pada artikel "Cara Meningkatkan Pengunjung Blog"

  1. Makingmoneyfrom.com berkata:

    Keren gan, makasih infonya ?

  2. Abdul Aziz berkata:

    Berarti memang promosi yang menjadi kekuatan pertama yah. Selanjutnya biar otomatis kedepannya perlu dibahas juga tuh min. Terima kasih artikelnya.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Hehe, iya mas, menurut saya salah satunya adalah promosi. Selain itu, tentu masih sangat banyak cara-cara yang lain 😀 InsyaAllah nanti kalau ada waktu lagi mas 😀

  3. Sam berkata:

    betul jga gan, blog baru seperti ad di ujung dunia ga ad yg tau alamat dan keberadaannya. kutipan agan bagus “Orang-orang hanya akan datang ke toko jika ada yang mereka cari” Kalau saya artikan, konten harus memiliki nilai volume pencarian yang luas dan bermanfaat agar mudah ditemukan.

    makasih gan infonya. 🙂

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Iya gan, betul sekali apa yang agan sampaikan.
      Menurut pandangan saya pribadi, memiliki blog sama dengan kita memiliki toko, artikel atau isinya adalah barang jualannya. Jika ingin barang jualan kita laku otomatis kita harus menjual barang yang memang dicari oleh banyak orang.

      Terima kasih atas kunjungan dan berkomentar gan 🙂

  4. ria berkata:

    thanks infonya mas, saya juga lagi pengen naikin visitors. masih bingung gitu, tapi setelah baca artikelnya, well oke mulai paham. hahaha

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Siap, sama-sama mba, terima kasih juga atas kunjungannya 🙂
      Semoga targetnya segera tercapai 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.