Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

8 November 2016

Halo sobat MUHRID. Beberapa bulan yang lalu saya bergabung ke dalam beberapa grup tentang Blogging di Facebook, dan hingga saat ini pertanyaan yang paling sering saya lihat dari para newbie adalah bagaimana cara meningkatkan traffik blog, bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog, bagaimana cara agar blog kita ramai, dan pertanyaan sejenis lainnya. Nah, mungkin karena sedikit merasa lebih tahu atau kemungkinan karena memang kehabisan bahan untuk dibahas di blog, saya sebagai Nobita mencoba untuk memberikan sedikit pencerahan kepada para newbie yang dalam hatinya selalu bertanya bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog.

Perkenalkan, saya Nobita (newbie tahunan) yang telah lama belajar blogging namun bisanya hanya itu-itu aja selama bertahun-tahun 😀

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog. Foto: pixabay – Unsplash

Oke, hal utama yang terlintas saat saya melihat pertanyaan bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog adalah menganalogikan blog sebagai toko. Terlepas dari tujuan kita ingin membuat blog adalah sebagai hobi ataupun bisnis, anggaplah blog kita sebagai toko baru yang ada di suatu tempat antah berantah. Secara logika, tidak ada yang tahu toko baru kita tersebut apalagi datang untuk berkunjung. Lalu, bagaimana cara agar para pengunjung mengetahui toko kita dan suatu saat akan mengunjunginya? Jawabannya tentu lebih mudah untuk dijawab. Salah satu caranya adalah dengan promosi, baik dari mulut ke mulut, media sosial, ataupun 1001 cara yang lain.

Nah, berdasarkan analogi di atas, seperti itu pula cara meningkatkan pengunjung blog. Kita bisa melakukan promosi, salah satu caranya bisa dengan memberitahukan secara langsung kepada teman-teman terdekat bahwa kita memiliki blog atau dengan memanfaatkan media sosial. Jika kepada teman terdekat, kita bisa memberitahu secara langsung dan bisa memaksa doi untuk langsung mengunjungi blog kita, maka berbeda dengan di media sosial. Dengan membagikan salah satu artikel blog di media sosial, membuat orang TAHU akan blog kita mungkin mudah saja, tapi apakah mereka akan mengunjungi blog kita? Belum tentu, karena hal tersebut tergantung lagi dari bagaimana cara kita mengemas promosi artikel tersebut dan apakah teman media sosial kita memerlukan artikel tersebut. Silakan direnungkan masing-masing, hehe

Jadi, salah dua kunci dari cara meningkatkan pengunjung blog adalah dengan melakukan promosi menggunakan cara-cara tertentu dan membuat artikel yang bermanfaat bagi calon pengunjung.

Baca juga: Cara Praktis Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Pencarian Google

Kenapa saya menyebutkan salah dua? Karena ada begitu banyak cara yang bisa kita gunakan, misalnya pengoptimalan SEO agar artikel kita bisa ditemukan di halaman pertama google. Namun, hal yang paling dasar tetaplah promosi, promosi, dan promosi.

4 komentar pada artikel "Cara Meningkatkan Pengunjung Blog"

  1. Makingmoneyfrom.com berkata:

    Keren gan, makasih infonya ?

  2. Abdul Aziz berkata:

    Berarti memang promosi yang menjadi kekuatan pertama yah. Selanjutnya biar otomatis kedepannya perlu dibahas juga tuh min. Terima kasih artikelnya.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Hehe, iya mas, menurut saya salah satunya adalah promosi. Selain itu, tentu masih sangat banyak cara-cara yang lain 😀 InsyaAllah nanti kalau ada waktu lagi mas 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.