Cara Menggunakan Masker yang BENAR

14 Mei 2015 © Protected by COPYSCAPE

Cara menggunakan masker yang BENAR, kenapa saya menuliskan kata ‘BENAR’ menggunakan caps lock? Jawabannya adalah untuk menegaskan bahwa sebenarnya kebanyakan dari kita memakai masker dengan cara yang kurang benar. Jujur saja, saya juga baru tahu tentang informasi ini.

Cara Menggunakan Masker yang BENAR

Cara Menggunakan Masker yang BENAR. Foto: pixabay.com

Baiklah, tanpa perlu basa-basi lagi. Sekarang saya akan mengklarifikasi kenapa saya menyebutkan bahwa kebanyakan kita memakai masker dengan cara yang kurang benar. Namun, perlu saya informasikan dahulu, masker yang saya maksud di sini adalah masker pelindung wajah dalam hal kesehatan, bukan kecantikan ya 😀

Mari kita membayangkan sebuah masker kesehatan yang berwarna hijau. Pada masker tersebut ada 2 permukaan, permukaan berwarna putih dan permukaan berwarna hijau. Kebanyakan dari kita, entah saat sakit ataupun sehat, menggunakan masker dengan cara yang sama. Padahal, antara orang sakit dan orang sehat memiliki cara penggunaan masker yang berbeda.

Cara Menggunakan Masker Bagi Orang Sakit

Cara menggunakan masker bagi orang sakit (misalnya flu) adalah menggunakan masker dengan bagian permukaan hijau di depan, dan permukaan putih bersentuhan dengan wajah kita. Menurut dokter, bagian putih dari masker berfungsi untuk menyaring debu, sehingga harus ditempatkan di depan mulut. Jadi, misalkan kita sedang sakit, sebenarnya fungsi masker adalah untuk mencegah penyebaran virus, bukan untuk menutupi jerawat di wajah.

Cara menggunakan masker bagi orang yang sakit.

Cara Menggunakan Masker Bagi Orang Sehat

Nah, berbeda dengan orang yang sedang sakit. Cara menggunakan masker bagi orang sehat adalah kebalikan dari cara menggunakan masker bagi orang yang sedang sakit. Kenapa? Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, fungsi dari bagian putih dari masker adalah sebagai penyaring. Jadi, untuk mencegah debu/virus masuk ke dalam mulut/hidung kita harus menempatkan penyaring di bagian depan.

Cara menggunakan masker bagi orang sehat

Cara menggunakan masker bagi orang sehat

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah cara menggunakan masker yang benar bagi orang yang sedang sakit berbeda dengan orang sehat. Oleh karena itu, jika Anda melihat orang menggunakan masker dengan cara dibalik, jangan berpikiran bahwa orang tersebut sedang melakukan penghematan masker (1 masker untuk 2 kali pakai) ya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.