Cara Membuka Email Domain Sendiri di Gmail

16 Februari 2017
2.917 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat pagi :D.

Cara Membuka Email Domain Sendiri di Gmail – Halo sobat MUHRID. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bagi teman-teman yang memiliki domain dan hosting sendiri dapat membuat email khusus menggunakan domain sendiri, misalnya admin@muhrid.com. Hal ini dapat membuat email kita terlihat lebih profesional dibandingkan menggunakan alamat email standar menggunakan google mail seperti ridmuhrid@gmail.com. Namun, ada beberapa keluhan dari teman-teman karena untuk mengakses kotak masuk email tersebut harus melalui webmail cPanel. Salah satu cara untuk mengakses kotak masus email tanpa melalui webmail cPanel adalah dengan memforward (meneruskan) email yang masuk ke email domain sendiri ke email google. Namun kekurangannya adalah pada saat kita membalas email tersebut, si penerima email akan mendapatkan balasan dari email google kita, bukan dari email domain sendiri. Tentu ini bisa membuat penerima email menjadi bingung.

Cara Membuka Email Domain Sendiri di Gmail

Cara Membuka Email Domain Sendiri di Gmail

Nah, cara yang lebih efektif untuk mengakses email domain sendiri tanpa melalui webmail cPanel adalah dengan menghubungkan email domain sendiri ke Google Mail (Gmail) menggunakan SMTP atau POP3. Bagaimana caranya? Silakan baca artikel ini sampai habis 🙂

Cara Membuka Email Domain Sendiri di Gmail

1. Login ke cPanel kemudian buka menu Email Accounts pada Email Section.

Email Accounts cPanel

Email Accounts pada Email Section di cPanel

2. Lihat bagian Email Accounts dan pilih menu Set Up Email Client untuk email yang ingin kalian hubungkan ke Gmail.

List Email Accounts

List Email Accounts pada cPanel

3. Pada halaman Set Up Mail Client, scroll ke bagian Mail Client Manual Settings dan simpan data yang ada untuk nantinya kita gunakan pada saat menghubungkan dengan akun Gmail.

Mail Client Manual Settings

Tampilan Mail Client Manual Settings

NB: Direkomendasikan menggunakan pengaturan pada tab Secure SSL/TLS Settings untuk alasan keamanan.

4. Simpan dulu data Mail Client Manual Settings. Selanjutnya login ke Google Mail, klik tombol Gear (Pengaturan) yang ada di pojok kanan atas, pilih Setelan, buka tab Akun dan Impor. Klik Tambahkan akun email pada kolom Periksa Email dari akun lain.

Akun dan Impor Google Mail

Akun dan Impor Google Mail

5. Masukkan alamat email pada kolom yang tersedia kemudian input semua data yang diminta dan sesuaikan dengan data Mail Client Manual Settings pada tahap 3, kemudian klik Tambahkan Akun. Data yang digunakan adalah data pada kolom Incoming Server karena digunakan untuk mendapatkan email masuk.

Setelan Akun Email

Setelan Akun Email

6. Jika berhasil maka email yang kalian hubungkan akan ada di list kolom Periksa dari akun lain.

Hingga tahap ini, semua email yang masuk pada email domain sendiri juga akan masuk ke dalam kotak masuk akun Gmail. Hal ini akan mempermudah untuk mendapatkan notifikasi email jika kalian menggunakan aplikasi Gmail pada smartphone.

Tahap selanjutnya adalah tahap agar kita dapat mengirim email menggunakan email domain sendiri melalui Google Mail (Gmail).

Cara Mengirimkan Email sebagai Email Domain Sendiri di Gmail

1. Buka tab Akun dan Impor pada halaman Google Mail.

2. Lihat kolom Kirim email sebagai. Klik Tambahkan alamat email lainnya dan isi data sesuai data Mail Client Manual Settings pada tahap 3. Data yang digunakan adalah data pada kolom Outgoing Server karena digunakan untuk mengirimkan email.

Selesai. Sekarang kalian bisa membaca email dan mengirim email menggunakan email domain sendiri melalui Gmail.

Jangan sungkan untuk bertanya jika kalian mengalami kendala saat mencoba tutorial di atas.

Sekian, semoga bermanfaat :D


2 tanggapan untuk “Cara Membuka Email Domain Sendiri di Gmail”

  1. Aldy berkata:

    Wah ini sangat bermanfaat sekali gan, bagi saya yang memiliki usaha olshop.. dengan menggunakan email dengan domain sendiri, membuat usaha saya lebih professional.. terimakasih gan

    • Muhammad Riduan berkata:

      Benar sekali mas, bagi pemilik olshop sebaiknya menggunakan email dengan domain sendiri agar terlihat lebih profesional sehingga dapat membuat calon pembeli menjadi lebih yakin terhadap online shopnya 🙂
      Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.