Cara Membuat Format Halaman Berbeda dalam 1 File Microsoft Word

3 Januari 2016

Halo sobat MUHRID. Selamat datang di postingan pertama di tahun 2016. Kali ini saya akan membagikan cara membuat format halaman berbeda dalam 1 file microsoft word. Postingan ini merupakan request dari teman saya yang kebetulan saat ini kami (mahasiswa Farmasi) sedang sibuk-sibuknya mengerjakan laporan akhir magang apotek. Ditambah lagi deadlinenya adalah besok hari, ya maklumlah (mayoritas) mahasiswa mengerjakan tugas di detik-detik akhir deadline.

Cara Membuat Format Halaman Berbeda dalam 1 File Microsoft Word

Cara Membuat Format Halaman Berbeda dalam 1 File Microsoft Word

Oke, kembali ke topik. Kalau masih ada yang belum mengerti apa maksud dari judul postingan ini, saya coba berikan sedikit penjelasan.

Biasanya kan kalau di laporan ada yang namanya Cover, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I, BAB II, BAB III, dan lain-lain. Nah, kebetulan biasanya dari lembar pengesahan-daftar isi itu format penulisan nomor halamannya pakai i, ii, iii, dst. dan dari BAB I-Daftar Pustaka pakai 1, 2, 3, dst. Sudah bisa membayangkan? Oke, kalau sudah, kita lanjut, sekarang permasalahnnya adalah standarnya kalau kita membuat nomor halaman (page number) di Microsoft Word kan kita hanya bisa menggunakan 1 format saja. Ingin menggunakan format i, ii, iii atau format 1, 2, 3 saja. Jadi, kadang untuk mengatasi permasalahnnya, kita membuat 2 file word, 1 file berisi Cover sampai Daftar Isi dengan format halamannya i, ii, iii, dst, dan 1 file lagi berisi BAB I-Daftar Pustaka, benar kan? Iya, itu pengalaman pribadi saya, hehe. Eh, tapi itu dulu, sekarang  saya sudah move on, sekarang saya sudah bisa membuat 1 file word dengan 2 bahkan lebih format halaman, begitu juga teman-teman.

Cara Membuat Format Halaman Berbeda dalam 1 File Microsoft Word

Tutorial ini saya buat dari Microsoft Word 2010. Bagi teman-teman yang menggunakan Word 2007 atau 2016, caranya kurang lebih sama saja.

1. Buka file word yang akan kita buat memiliki 2 format halaman.

2. Klik tab Insert, pilih menu Page Number, kemudian silakan pilih letak nomor halaman yang kalian inginkan.

3. Sebagai contoh, kita pilih letak nomor halamannya di bagian tengah bawah. Jadi menu yang dipilih adalah Insert -> Page Number -> Bottom of Page -> Plain Number 2.

4. Untuk mengatur format nomornya, silakan pilih Page Number -> Format Page Numbers, akan muncul jendela Page Number Format. Selanjutnya untuk yg pertama kali, pilih format i, ii, iii, … pada Number format.

5. Akan muncul gambar seperti di bawah ini: (Untuk menyembunyikan/menghilangkan halaman i pada cover, silakan centang pada Different First Page seperti pada gambar).

6. Selanjutnya untuk membuat format 1, 2, 3, dst. Silakan letakkan kursor edit pada halaman BAB I yang ingin dijadikan sebagai halaman 1. Pilih menu Page Layout -> Breaks -> Next Page. Dan secara mengejutkan, nomor halaman pada halaman BAB I akan menghilang. Ya, tanpa bekas.

7. Sekarang waktunya membuat nomor halaman 1, 2, 3, dst. Caranya sama seperti pada langkah 2 dan 3, kemudian pilih Page Number -> Format Page Numbers, terus pilih format 1, 2, 3, … dan klik Start at lalu masukkan angka 1. Kalau rada puyeng, cek gambar di bawah:

8. Done.

Ya, sudah, bagaimana? Sukses? Yaa harus lah, gampang kok.

Kalau masih bingung, silakan tanyakan saja di kolom komentar di bawah.

Oh iya, SELAMAT TAHU BARU 2016 ya 😀

2 komentar pada artikel "Cara Membuat Format Halaman Berbeda dalam 1 File Microsoft Word"

  1. Muhammad Zailani berkata:

    Gan, kalau bab 1 halamannya di footer, trus bab 2 nya di header gmna gan?

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Tinggal atur di bagian Insert -> Page Numbers, kalau mau di bagian header berarti pilih Top of Page gan. Selamat mencoba 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.