Cara Memasak Beras Merah dengan Rice Cooker

6 Januari 2017
2.382 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat malam :D.

Halo sobat MUHRID. Beras merah? Hmm, mungkin sudah tidak terdengar asing lagi bagi para ‘penikmat’ program diet. Pasalnya, banyak dari masyarakat yang mempercayai bahwa beras merah memiliki banyak manfaat lebih dibanding beras putih dalam urusan diet. Hal ini disebabkan beras merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibanding beras putih, sehingga lebih lama dicerna di dalam tubuh. Efeknya adalah dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, jadi Anda dapat mengurangi porsi makan dalam sehari 😀

Cara Memasak Beras Merah dengan Rice Cooker

Cara Memasak Beras Merah dengan Rice Cooker. Foto: pixabay.com – evitaochel

Selain itu, menurut rangkuman dari beberapa situs, saya mendapatkan informasi bahwa beras merah sangat baik untuk pencernaan, yaitu dapat melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula dalam darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko wasir, serta dapat mencegah timbunan dari kolesterol jahat. Beras merah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui pembentukan sel darah merah karena mengandung banyak gizi, seperti zinc, mangan, dan zat besi. Bahkan, ternyata beras merah juga dapat memproduksi sel-sel DNA.

Cara Memasak Beras Merah dengan Rice Cooker

Nah, dengan beberapa perbedaan fisik pada beras merah dan beras putih, tentunya cara memasaknya juga berbeda. Jika ada kesalahan dalam memasak beras merah, maka efeknya adalah nasi yang dihasilkan bisa menjadi keras dan kering. Oleh karena itu, untuk menghasilkan nasi yang pulen dan juga enak, silakan ikuti panduan cara memasak beras merah dengan rice cooker berikut ini:

  1. Cuci beras merah dengan air kemudian tiriskan (sama seperti cara memasak beras putih).
  2. Masukkan beras merah ke dalam panci rice cooker dan tambahkan air dengan perbandingan 1 cup beras merah : 1.5 cup air.
  3. Rendam beras merah di dalam air selama kurang lebih 30 menit agar beras lebih cepat masak, pulen, dan lembut.
  4. Tambahkan 1/2 sendok garam untuk memberikan rasa gurih pada nasi.
  5. Hidupkan rice cooker pada mode “Cooking” dan tunggu hingga masak.
  6. Setelah masak, biarkan nasi 10-30 menit sebelum membukan rice cooker. Hal ini dilakukan untuk membuat nasi lebih merekat.
  7. Aduk nasi agar tidak menggumpal dan nasi siap dimakan.

Tambahan:

  1. Jika menginginkan nasi yang lebih lembek, Anda dapat menambahkan air pada perbandingan beras merah dan air pada langkah 2.
  2. Langkah 4 bersifat opsional. Anda juga bisa menambahkan perasa lain untuk memberikan rasa pada nasi.
  3. Nasi merah dapat bertahan hingga 3-5 jam jika disimpan dalam lemari es.

Sekian dari saya tentang cara memasak beras merah dengan rice cooker. Sedikit penjelasan tambahan dari saya, beras merah memang merupakan salah satu alternatif makanan pokok bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebaiknya Anda mengkombinasikan beras merah untuk diet dengan sayur-sayuran, buah-buahan, protein, dan berbagai jenis lemak sehat lainnya.

Sekian, semoga bermanfaat :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+