Mengecas HP Menggunakan Genset, Apakah Berbahaya?

26 Agustus 2016

Halo sobat MUHRID. Mengecas HP Menggunakan Genset, Apakah Berbahaya? Itulah pertanyaan yang paling sering saya dengar saat musim pemadaman bergilir di kampung saya. Memang banyak mitos yang beredar bahwa mengecas hp ataupun laptop menggunakan listrik dari genset dapat merusak komponen-komponen hp atau laptop. Tapi, benarkah mitos tersebut? Mari dengarkan cerita saya.

Mengecas HP Menggunakan Genset, Apakah Berbahaya

Mengecas HP Menggunakan Genset, Apakah Berbahaya? Foto: pixabay.com – stokpic

Mengecas HP Menggunakan Genset, Apakah Berbahaya?

Jujur saja, saya sudah browsing sana-sini untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut, hasilnya tidak ada jawaban. Entah kenapa, belum ada website yang membahas tentang bahaya mengecas hp atau laptop menggunakan genset. Apakah sebenarnya memang tidak ada bahayanya jika kita mengecas hp atau laptop menggunakan genset? Kalau memang tidak ada, kenapa mitos tersebut begitu cepat menyebar?

Saking penasarannya, saya mencoba menanyakan hal tersebut kepada kaka tingkat yang kuliah di program studi Fisika, sebut saja beliau Faisal.

Saya bertanya:

Kak, kalau mengecas hp atau laptop menggunakan genset sebenarnya bagus tidak? Kabar yang sering saya dengar, katanya tidak bagus, karena daya dari genset tidak stabil, sehingga bisa merusak komponen hp atau laptop?

Beliau menjawab:

Itu karena arus yang dihasilkan genset murahan kadang tidak stabil. Oleh karena itu, biasanya perlu ada stavol atau UPS supaya arusnya stabil dan tidak berpengaruh terhadap elektronik lain.

Nah, dari jawaban beliau, genset murahan kadang tidak stabil. Jadi, jika kalian ingin mengecas hp atau laptop menggunakan genset, maka sebaiknya pertimbangkan kualitas genset yang akan digunakan. Hal ini mungkin bisa jadi pertimbangan ketika kalian ingin membeli genset, tentunya harga genset dan merk genset akan berpengaruh.

Bagaimana jika sudah terlanjur membeli genset kualitas rendah?

Ya, seperti jawaban kak Faisal tadi, sebaiknya gunakan stavol atau UPS untuk menstabilkan arus yang dihasilkan oleh genset.

Saran saya:
Sekedar untuk jaga-jaga, sebagus atau semahal apapun genset kalian, sebaiknya tetap gunakan stavol untuk menstabilkan arus listrik yang dihasilkan oleh genset.

6 komentar pada artikel "Mengecas HP Menggunakan Genset, Apakah Berbahaya?"

  1. Anonim berkata:

    Bahaya bahaya

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Benar gan, mengecas HP menggunakan genset sebaiknya hanya dilakukan pada keadaan terdesak saja, hehe

  2. Jerry K. berkata:

    Wah untung sempat baca artikel ini, thanks ya.

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Sip, terima kasih atas kunjungannya 🙂

  3. berni berkata:

    nice info gan

    1. Muhammad Riduan berkata:

      Siap, terima kasih atas kunjungannya gan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.