5 Cara Sederhana untuk Mencegah Diabetes

25 Oktober 2016
1.540 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat malam :D.

Halo sobat MUHRID. Pada posting kali ini, saya akan mencoba kembali membuat posting tentang kesehatan. Bagi kalian yang membaca artikel ini, saya tidak akan menjelaskan lagi apa itu diabetes karena saya yakin bagi kalian yang meluangkan waktu untuk membaca artikel ini sudah tahu apa itu diabetes. Oke, salah satu langkah penting dalam hal pencegahan diabetes adalah dengan mengubah gaya hidup. Saya sarankan kalian untuk hidup sehat bersama tropicanaslim đŸ˜€

5 Cara Sederhana untuk Mencegah Diabetes

5 Cara Sederhana untuk Mencegah Diabetes – Foto: mau76souz

Perubahan gaya hidup tersebut seperti mengkonsumsi makanan sehat, menjadi lebih aktif secara fisik, dan mengurangi berat badan berlebih. Hal yang perlu ditekankan adalah tidak pernah ada kata terlambat untuk pencegahan diabetes, apalagi terlalu dini. Jadi, berapapun usia kalian saat ini, nikmatilah kehidupan dengan gaya hidup yang sehat. Menurut referensi yang saya gunakan (American Diabetes Association), berikut 5 cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencegah diabetes:

5 Cara Sederhana untuk Mencegah Diabetes

1. Rajin melalukan Aktivitas Fisik

Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga secara teratur. Dengan rajin melakukan aktivitas fisik, maka kita akan mendapatkan keuntungan:

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan gula darah
  • Meningkatkan sensitivitas terhadap insulin – yang membantu menjaga gula darah dalam rentang normal

Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes.

2. Konsumsi Serat

Serat bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Contohnya seperti pepaya, jagung, alpukat, beras merah, dan masih banyak lagi. Manfaat dari konsumsi serat adalah:

  • Mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Meningkatkan berat badan dengan membantu kita agar merasa kenyang

3. Konsumsi Biji-Bijian

Meskipun alasannya belum terlalu  jelas, tapi biji-bijian dapat diandalkan untuk mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Cobalah untuk membuat masakan yang terbuat dari biji-bijian atau juga bisa masakan dari biji-bijian yang sudah siap makan seperti roti, produk pasta, dan sereal.

4. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Bagi kalian yang memiliki berat badan berlebih, pencegahan diabetes sangat bergantung pada penurunan berat badan karena setiap kg berat badan yang berkurang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Dari hasil penelitian sebuah studi besar, orang yang kehilangan jumlah berat badannya sekitar 7% dari berat badan awal –dan berolahraga secara teratur – dapat mengurangi risiko diabetes yang berkembang sebesar hampir 60%.

5. Fokus pada Hidup Sehat

Meskipun diet rendah karbohidrat, diet indeks glikemik, atau diet lain dapat membantu untuk menurunkan berat badan pada awalnya, tapi efektivitas diet tersebut dalam mencegah diabetes tidak diketahui, begitu juga dengan efek jangka panjangnya. Dengan melakukan diet tersebut, mungkin tubuh akan kehilangan beberapa nutrisi pentingnya, jadi lupakan diet untuk sementara dan fokuslah pada hidup sehat dengan membuat variasi makanan sehat.

Sekian, semoga bermanfaat :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+